Contoh Proposal Try Out UN SMA Berbasis Web

Latar Belakang Ide Dalam pengelolaan data try out siswa di sekolah-sekolah maupun di tempat-tempat bimbel masih dikelola secara manual, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam penyajian hasil ujian try out dan siswa harus menunggu lama untuk dapat melihat hasil try outnya. Mengacu dari sistem try out yang dilakukan secara manual yang hanya menggunakan aplikasi Microsoft word dan excel untuk pembuatan soal try out, dalam pelaksanaannya hanya menggunakan pensil, penghapus dan selembaran kertas, maka kurang efektif seperti dalam pembagian soal dan dalam mengevaluasi hasil try out membutuhakan waktu yang lama sehingga perlu adanya media atau sistem baru untuk mendukung pelaksanaan try out.

Contoh Proposal Try Out UN SMA Berbasis Web


Dengan adanya permasalahan diatas, kami membangun sebuah aplikasi try out UN SMA berbasis web. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu kinerja panitia try out, karena siswa dapat melaksanakan try out di sekolah secara online. Dan jika ada halangan bisa dilakukan di luar sekolah asal masih terdapat jaringan internet. Aplikasi juga membantu proses penilaian try out dan pengukuran kemampuan siswa SMA. Siswa juga dapat memperoleh informasi tentang soal-soal try out UN dan juga soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya sehingga bisa digunakan untuk bahan belajar. Selain itu juga dapat meminimalisir biaya penyediaan print out soal, lembar jawaban, meminimalisir alat pengoreksi lembar jawaban dan tenaga pengoreksi lembar jawaban.

PROBLEM DAN SEGMEN PELANGGAN 

1. Identifikasi Masalah Adapun permasalahan yang akan diminimalisir dengan adanya aplikasi ini diantaranya : 
a) Biaya penyediaan print out soal dan lembar jawaban 
b) Biaya alat pengoreksi lembar jawab dan tenaga pengoreksi lembar jawaban 
c) Keterlambatan penilaian dan penyajian hasil ujian try out 

2.Solusi atau Cara Alternatif yang Sudah Tersedia Untuk saat ini sudah ada solusi ataupun cara alternative yang dapat menyelasaikan permasalahan di atas namun belum efektif. Solusi yang sudah ada untuk saat ini diantaranya : 
a) Try out online namun hanya ada soal-soal saja tanpa ada pembahasan. 
b) Software Wondershare Quiz Creator (WQC). Software WQC digunakan dalam membuat soal-soal latihan bagi siswa. 
c) MS PowerPoint dengan memanfaatkan pemprograman VBA bagi Powerpoint. 
d) Digital Scoring System Adalah sebuah Software scanner pemeriksa nilai ujian dari lembar jawaban komputer (LJK) dengan teknologi Digital Mark Recognition yang memberikan sebuah konsep baru dalam hal pembacaan data melalui media Lembar Jawab Komputer (LJK). 

3. Peran Dari Customer Customer dari aplikasi ini adalah sekolah dan tempat bimbingan belajar. Peran dari customer adalah membeli aplikasi dan juga mengupdate soal- soal try out dan pembahasan-pembahasan soal, 

4. Siapa Early Adopter Produk Anda Spesifik pelanggan dari aplikasi ini adalah siswa SMA khususnya kelas 3 yang sangat membutuhkan latihan-latihan soal try out serta pembahasannya.
[Preview File]



Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Try Out UN SMA Berbasis Web"