Panduan Cara Verval PTK/Verval NUPTK 2017

Panduan Cara Verval PTK/Verval NUPTK 2017 -Lagi tugas operator bertambah pada tahun 2017 ini tugas apa itu? apa rekan-rekan operator masih ingat apa itu verval PD? yah Verval PD digunakan untuk verifikasi dan validasi data peserta didik yang telah diinput kedalam di aplikasi Dapodik sama halnya dengan velval PTK yang akan kita bahas pada postingan kali ini:

Panduan Cara Verval PTK/Verval NUPTK 2017

Verval PTK digunakan untuk verifikasi dan validasi NUPTK bagi seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang telah diinput kedalam di aplikasi Dapodik. Tujuan dapat diaksesnya verval PTK adalah agar pihak sekolah dapat mengetahui jika terdapat kesalahan data pada verval PTK sehingga pihak sekolah dapat mengajukan revisi identitas PTK dengan syarat melampirkan dokumen yang dibutuhkan, selain itu jika data dapodik tidak sama dengan data pada referensi verval PTK seperti data PTK yang ganda mungkin karena(mutasi/pindahan sekolah, pensiun, meninggal dunia).admin sarankan untuk berkonsultasi ke operator Kab/Kota (KKDatadik) untuk dilakukan verifikasi dan validasi PTK ulang dengan melampirkan berkas SK Tugas Terakhir dan Surat Pembagian Tugas Mengajar PTK dari sekolah bersangkutan.


sekarang tugas rekan-rekan operator untuk melakukan perbaikan tersebut, bagaimana carannya
caranya ikuti pentunjuk berikut


 1.   pertama masuk kesitus vervalptk.data.kemdikbud.go.id



 2. lalu masukkan username dan password seperti yang rekan-rekan opertaor gunakan saat untuk login pada verval PD (akun yang sudah terdaftar di SDM PDSP, lalu klik pada “Login”.



 3.Selanjutnya klik pada tab “Pengelolaan” lalu klik pada pilihan pada menu dropdown, pilih “Perbaikan  Data Master”.





 4. Cek data ptk jika terdapat kesalahan segera perbaiki data PTK yang diperlukan seperti Nama PTK, Tanggal Lahir PTK, Tempat Lahir PTK, NIK, Jenis Kelamin, maupun Nama Ibu Kandung PTK. Setelah perbaikan dilakukan, silahkan lampirkan dokumen yang diperlukan yang menjadi pendukung perubahan :

a.   Kartu Keluarga

b.   Akte Kelahiran

c.   Buku Nikah

d.   KTP

e.   Ijazah





 5 .Setelah perbaikan ataupun photo PTK telah dipilih silahkan klik pada "Upload Dokumen", selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi, Anda yakin akan mengubah data?, pilih “OK”.



 6.   Tunggu proses upload data hingga selesai.





 7. Untuk upload photo, setelah proses upload selesai, maka photo PTK akan langsung tampil, sedangkan untuk edit / memperbaiki data PTK ada jeda waktu persetujuan, untuk cek status perbaikan data PTK silahkan klik pada menu dropdown pada “Pengelolaan” selanjutnya pilih “Status Perbaikan Data Master”.



  8.   Selesai.

untuk selanjutnya kita bisa mengetahui hal penting terkait NUPTK, untuk bapak/ibu yang merasa sudah memenuhi syarat mendapatkan NUPTK  wajib bagi bapak/ibu mengetahui syarat dan ketentuan NUPTK 2017 yang bisa bapak/ibu unduh pada link dibawah ini:

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Verval PTK/Verval NUPTK 2017"